Fungsi FIND , FILTER dan SORT
FIND pada Microsoft Access adalah fungsi untuk mencari sesuatu huruf atau text dari suatu cell dan menghasilkan angka urutan ke berapa huruf tersebut pada cell yang di cari .
Cara penulisan fungsi FIND "( )" :-
FIND ( text , cari , text , sumber , awal pencarian )
- Text cari adalah huruf atau text yang dicari pada text sumber
- text sumber adalah text atau kalimat di mana huruf atau text cari akan dicari
- awal pencariana dalah nombor urut keberapa pencarian mulai dilakukan jika parameter ini kosong maka pencarian dilakukan dari awal
- Misalkan pada cell A2 ada tulisan " Miriam McGovern " ( tanda-tanda pelik )
- Formula = Find ("M" , A2) akan menghasilkan nilai 1
- Fomula = Find ("m" , A2 ) akan menghasilkan nila 6
- Fomula = Find ("M" , A2 , 3 ) akan menghasilkan nilai 8
>> Fungsi sorting digunakan untuk mengurutkan data baik secara ascending (naik) maupun descending (turun)
LANGKAH :
·
Buka Tabel Buku
·
Blok field yang akan diurutkan
dengan mengklik record
·
Pilih Ascending (A – Z) atau
Descending (Z – A)
Filter : Fungsi filter digunakan untuk menyeleksi
data dimana prosesnya disesuaikan dengan kriteria tertentu yang kita inginkan
seperti :
~Menampilkan
data Siswa dengan NIS tertentu
~Menampilkan data Buku yang dikarang oleh penerbit dan penulis tertentu
~ Menampilkan data Meminjam yang terjadi pada tanggal tertentu
- Buka Tabel Meminjam
- Tempatkan kursor pada atribut yang akan difilter
- Klik kanan kemudian pilihlah :
Equals : menghasilkan nilai
sama persis dengan nilai yang dipilih
Does Not Equals : menghasilkan
nilai selain nilai yang sama dengan nilai yang dipilih
Contains : menghasilkan nilai
yang mengandung nilai yang dipilih pada seluruh item
Does Not Contains : menghasilkan
nilai selain yang terkandung pada nilai yang dipilih
No comments:
Post a Comment